Empat Prinsip Gerakan Kaki Renang Gaya Dada


Info Sport akan sebutkan empat prinsip gerakan kaki renang gaya dada yang sebagai salah satu gerakan penting pada renang gaya dada.

Gaya dada adalah keliru satu gaya renang yang terkenal. keliru satu faktornya ialah gerakannya tidak terlalu sulit buat dilakukan sang para pemula.

Beberapa gerakan pada renang gaya dada mesti dilakukan menggunakan baik, termasuk gerakan kaki atau tendangan. Gerakan kaki dalam renang gaya dada dilakukan ke arah samping belakang.

Empat Prinsip Gerakan Kaki Renang Gaya Dada

Gerakan melecutkan kaki atau menendang kaki pada renang gaya dada berfungsi buat membuat gaya dorong pada tubuh. Setidaknya, ada empat prinsip gerakan kaki pada renang gaya dada. berikut adalah penjelasannya. gosip Sport telah sebutkan empat prinsip dasar gerakan kaki renang gaya dada.

Sebutkan empat prinsip gerakan kaki pada renang gaya dada, antara lain:

  • Diawali dengan menarik ke 2 tumit bersamaan mendekati pinggul atau pantat.
  • Pergelangan kaki diputar agar telapak kaki menghadap ke belakang.
  • Dorongan ke 2 kaki ke arah belakang lurus.
  • Posisi kaki sehabis mendorong artinya merapat dan lurus.

Gerakan kaki pada renang harus sinkron prinsip dasar (acuan) agar dapat berkecimpung menggunakan baik, bersamaan dengan koordinasi asal gerakan lain.

Teknik Renang Gaya Dada

Jika ingin melakukan renang gaya dada, kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dan teknik dasarnya. ini dia ialah penjelasannya:

1. Posisi Tubuh

Posisi tubuh dalam renang gaya dada harus streamline atau horizontal, lalu pastikan lengan serta tungkai masih mampu mengakibatkan fungsi dorongan.

2. Gerakan Tungkai

ada dua cara dalam gerakan tungkai renang gaya dada menjadi berikut:

Teori Wedge action (gerakan hentakan), di mana perenang wajib meluruskan kedua tungkai. kemudian, menyatukannya menggunakan cara air ditekan antara tungkai-tungkai dan mendorong tubuh buat maju.

Teori Whip Action (hambatan sekecil mungkin), pada mana kekuatan yang berasal dari hentakan diakibatkan sang dorongan ke depan yang dihasilkan dari mendesak air ke belakang menggunakan telapak kaki.

3. Tarikan Lengan

Teknik gerakan lengan dalam renang gaya dada wajib pada bidang menarik (pull) serta memulihkan (recovery). Tarikan lengan pada renang gaya dada dimulai dengan awal tarikan yg dalamnya lebih kurang 12 cm sampai 15 cm pada bawah bagian atas air.

4. Pernapasan dan Pengangkatan ketua

di olahraga renang gaya dada, pengangkatan kepala dimulai sesudah tarikan lengan selesai. pada ketika kedua lengan didorong ke depan dalam pemulihannya, leher ditekuk buat mengangkat ketua atau paras pada sudut 45 derajat asal garis horizontal. kemudian, udara dimuntahkan pada dalam air berasal ekspresi perlahan.

Itulah empat prinsip gerakan kaki renang gaya dada yang bisa dipraktikkan secara pribadi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *